Jumat, 26 Februari 2016

BAPAK "MAAFKAN AKU"

Awalnya berat banget mau nulis ini, aib aku breew hehe.. Tapi semoga dengan adanya postinganku yang satu ini, kalian menjadi lebih bisa terbuka menerima kemauan orang yang kalian sayangi serta lebih bijaksana dalam mengambil keputusan..

Aku adalah seorang gadis dari sebuah desa terpencil (pembukaannya kaya cerita rakyat yaaa hahaha).. Dari SD selalu bermimpi sekolah di kota... Ketika aku sudah kelas 6, pengen lancang sedikit ikutan MIPA (nama olimpiade untuk tes masuk ke salah satu SMP hits di kotaku), tapi apa daya., bagiku itu sia-sia karena ibuku adalah tipe orang yang tidak tegaan terhadap anaknya.. Aku awalnya agak nggak suka sama cara pikir ibuku, tetapi ternyata aku sendiri juga nggak bisa jauh dari ibuku (dewasa-dewasa ini)...

Aku bukan super hero yang kuat banget kaya baja tetapi dari kecil mauku itu seperti ratu lebah.. bisa ini bisa itu...


Dari kelas 2 SD aku udah ikut les bahasa inggris sama komputer (keren kaaan., soalnya di jaman aku dulu, pelajaran-pelajaran kaya gitu itu ditempuh kelas 4 SD).. Aku nggak pernah rangking satu, tapi paling tidak selalu masuk 4 besar., maklumlah.. aku suka ikutan kegiatan ini itu hehe.. Kelas 5 SD hampir ikut lomba badminton di Pasuruan, tetapi tidak jadi karena ayahku ndak mengijinkan...

Salah satu kelemahanku adalah agama.. Aku bisa ngaji, bisa sholat.., bahkan ajaran agama yang njlimet seperti tulisan arab miring pun aku faham., intinya aku suka belajar tapi ntah mengapa., itu hanya sebuah aktivitas bagiku, bukan dari hati yang terdalam... Padahal di sekolah ku yang sore (jadi ceritanya aku ada sekolah MTQ guys dan aku udah masuk kelas tertinggi disitu bersama kakak-kakak yang lebih tua dari aku) aku giat banget ikutan kegiatan agama.. Disitu aku pernah juara 1 lomba kiro'at (melentunkan Al-Quran seperti lagu), juara 2 hijab fashion show, dan ikutan juga nari rodhat.. Tapi tetap nggak terenyuh tentang keagamaan..

Lulus SD, aku menyabet juara 2 lalu masuk SMPN 1 WATULIMO dirutan ke 6. Otomatis aku langsung masuk kelas unggulan.. Dari situ bapakku berharap besar padaku bahwa aku bisa berprestasi dan akupun juga ambisi banget.. Dari sini bukan maksud aku bapakku memaksa., kedua orangtuaku nggak pernah memaksa aku ini itu., tapi melihat semua itu, bapakku sering memamerkan keluarga beliau yang sukses dengan bermodalkan sekolah dan akupun menanggapi dengan anganku yang tinggi juga..

Sejak kelas 1 SMP aku sudah gemar banget ikutan kegiatan pengurus OSIS.. Awalnya jadi sekretaris 1.., Laluuuuuu.. TADAAAAA.....!!!! Aku jadi ketua OSIS.. Ntah tegas apa nggak., tapi aku ngerasa temanku agak takut gitu pas aku marah-marah haha... Selain Pengurus OSIS, aku ikutan yang namanya PRAMUKA, Cheerleader (Eeciiieeeee), Qosidah an (alias Samrohan>> menyanyikan lagu Islami), basket, redaksi majalah (sampai pernah itu aku jadi ketua redaksinya dan jalan-jalan ke berbagai Radar), dan karawitan... Lucunya lagi., aku pernah nyabet juara 2 tenis meja se kecamatan, padahal aku nggak pernah megang yang namanya benda kaya wajan teflon itu (tauku benda kaya gitu tuh buat goreng teloor, wkwkwk) dan juga juara 1 muslimah fashion show (haha..). Selain kegiatan-kegiatan non akademik., aku juga ikutan kaya bimbingan olimpiade.. Pernah aku rangkul juara 2 cerdas cermat se SMP, terus English Competition tingkat SMP se Kabupaten (semifinal), sama olimpiade biologi di kabupaten (nggak menang guys., lombanya mendadak binggo haha)...

Setelah itu aku masuk SMAN 1 TRENGGALEK.., disitu aku akrab banget sama temanku Laila Rizki Karima.. Dia itu pinter banget dan nggak pernah nyonto kalau ujian.. Menurut dia, kita itu sekolah biar pintar.. Orangtua banting tulang biar kita bisa sekolah dan nggak main-main.. Aku sih pas SMP juga g begitu suka nyontek., tapi masih nyontek (gimana sih maksudku??? haha) Akhirnya aku pengen banget kaya dia, aku berusaha ngerjain ujian sendiri..  tapi makin ke depan makin luntur... Ternyata nggak nyonto di SMA itu berat banget... Ditambah lagi aku ikut pecinta alam (salah satu ekskul favorit), teater, basket, english club (pernah dapat juara 1 english debate se SMA), dan pramuka (pawai tunas nyabet juara 1 hehe),... Itupun juga nggak sibuk-sibuk banget lo., akupun juga jarang ngumpul..

Makin lama makin turun nilaiku dan tiap ambil raport, wajah bapak seperti muram.. Bapak nggak pernah marah sama aku, hanya saja aku merasa mengecewakan beliau..

Jujur, aku itu dulu juga jarang sholat., bahkan males banget sama yang namanya sholat... Tapi karena ketemu Laila, aku jadi agak seneng sholat hehe.., bahkan ingin memakai jilbab... tapi itu seperti hanya sementara saja... aku masih labil...

Lanjut di bangku kuliah.. Aku kuliah di Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang.. Disitu aku berusaha menjadi anak yang baik.. Jujur dan percaya dengan diri sendiri.. Aku merasa lebih pandai dan lebih mandiri.. Benar kata Laila., semua orang itu bisa pintar walau harus terjatuh sebentar.. Di bangku kuliah aku udah pakai jilbab..!!!! yeyelalala.. Tapi masih labil., jadi kadang make kadang nggak.. sampek sekarang sih.. hehe Di sini nilaiku lumayan bagus dan berusaha melakukan dengan maksimal apapun itu mata kuliahnya..

Sampai akhirnya saat ini...Tiba-tiba aku suka baca buku-buku religius dan udah seminggu terakhir ini pengen keluar pakai jilbab... Aku ingin orangtuaku bangga denganku selain dari segi materi... Tiap malam atau pagi ku usahakan untuk mengaji.. Selain itu, salah satu dari temanku bilang kalau kita keluar rumah lebih dari 3m (kalau nggak salah hehe) dan nggak menutup aurat, itu seperti mendoakan ayah kita untuk masuk neraka.. Tapi kalian juga harus hati-hati., nggak selamanya nasehat itu menjadikan semua orang lebih baik., contohnya aku.. Dulu, aku paling keki kalau diceramahin tentang agama, ketika ada temen yang komplain misalkan tanya jilbabku mana.., aku tambah geram, marah, dan malah ingin berontak.. bukannya malah mau menyempurnakan diri.. Tapi mengingatkan itu perlu juga.. Jadi, harus hati-hati dan ingat kalau perubahan itu nggak secepat yang kalian harapkan...

Disinilah pokok permasalahannya., jreeng jreeeng jreeeng... Ada tawaran beasiswa ke Jepang.. Padahal aku ngincar banget dari dulu (saat ini aku semester 8).. DILEMA MELANDA....
 

Setelah aku fikir-fikir.., Jepang itu jauh.., aku ini wanita.., bukan laki-laki.. Aku takut tidak bisa menjaga diri... Satu hal lagi yang mungkin tidak ada di fikiran temanku, aku ingin segera menikah... Aku tidak ingin membuat oranglain ada harapan denganku., aku sudah memutuskan DIA (pacarku hehe) untuk menjadi pilihanku dan DIA pun begitu.. Kami berdua dulunya juga tidak begitu baik, tapi kami mau mencoba berubah untuk lebih baik.. Kami juga ingin dikarunia momongan (setelah menikah., iya doooong) selagi masih muda...

Aku benar-benar merasa mengecewakan bapakku.,. Bapak tidak marah., tetapi aku merasa hanya memberikan harapan yang sia-sia.. Tak tahu harus memberikan penjelasan apa., intinya aku tak mau melukai perasaan Bapak.. Aku sayang Bapak...

 


Sekarang aku juga nggak santai2, aku juga harus berusaha biar bisa hidup.. Bagiku semua yang telah aku tempuh itu nggak sia-sia karena belajar itu wajib.. Mendapat pekerjaan sesuai studi alhamdulillaaah., apabila banting stir yaa disyukuri saja... Sekarang dilema antara kerja atau fokus ke anak-anak kelak tapi di jaman kaya gini, bisakah aku nggak kerja??? Semoga Allah SWT. memberikan jalan padaku dan keluargaku... Semoga aku mendapat hidayah...

Bagikan

Jangan lewatkan

BAPAK "MAAFKAN AKU"
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 komentar

Tulis komentar
avatar
26 Februari 2016 pukul 21.30

tunjukin ke bapakmu gih tan postinganmu yg ini :D biar beliau bisa tau cerita curhat anaknya

Reply
avatar
27 Februari 2016 pukul 16.13

wooooow.. Intan mau Nikah. aku cuma bisa angkat bendera bertulisan>> AYO DI WUJUDKAN. JANGAN CUMA WACANA TOK" hahaha

apapun keputusan yang diambil, cuma diri kita sndiri yang mengerti dan merasakan. so, yakin aja hehe

Reply
avatar
2 Maret 2016 pukul 17.40

hehe doain aja agar itu bukan wacana aja tur

Reply